Program PSDABM (Pengelolaan Sumber Daya Alam Berbasis Masyarakat ) merupakan salah satu program dari Milleennium Challenge Account (MCA) – Indonesia yang menetapkan Yayasan Keanekaragaman Hayati Indonesia (KEHATI) sebagai Grant Program Manager (GPM).

Program hibah PSDABM merupakan proyek kolaboratif pengelolaan sumber daya alam berbasis masyarakat yang dilakukan untuk mendukung, melengkapi dan memperkuat hasil-hasil program dari investasi inti proyek Kemakmuran Hijau dalam bidang energi terbarukan dan pertanian berkelanjutan, melalui pendekatan bentang alam, di kabupaten sasaran.

Tujuan utama program ini adalah:

  • Meningkatkan produktivitas dan mengurangi ketergantungan pada bahan bakar fosil melalui perluasan penggunaan energi baru dan terbarukan.
  • Meningkatkan produktivitas dan mengurangi emisi karbon dengan memperbaiki praktik–praktik penggunaan lahan dan pengelolaan SDA.

Program ini memiliki fokus khusus pada upaya-upaya yang memastikan bahwa LSM lokal dan kelompok-kelompok masyarakat dapat berpartisipasi dan mengambil manfaat dari investasi proyek ini yang bisa mempromosikan inisiatif berbasis masyarakat di bidang kehutanan, pertanian dan off-grid energi terbarukan, peningkatan pengelolaan daerah aliran sungai dan hutan untuk meningkatkan keberlanjutan energi terbarukan dan / atau investasi di bidang pertanian dan kehutanan, serta mendukung kehidupan pedesaan dan pembangunan ekonomi.

Yayasan Mitra Aksi menjadi salah satu mitra dalam program ini dengan mengusung “Pengembangan Technopreneur yang Iinovatif dan Kreatif  untuk Pengentasan Kemiskinan Melalui Pertumbuhan Ekonomi Rendah Karbon” sebagai tema program yang dilakukan hingga akhir 2017 di 3 kabupaten di Provinsi Jambi, yaitu

1.  Kabupaten Tanjung Jabung Timur:

  • Kecamatan Geragai : Desa Pandan Sejahtera, Desa Lagan Ulu dan Desa Lagan Tengah
  • Kecamatan Muara Sabak Timur : Desa Simbur Naik, Desa Lambur 1 dan Desa Lambur

2.  Kabupaten Muaro Jambi:

  • Kecamatan Kumpeh Ulu:  Desa Pudak, Desa Lopak Alai dan Desa Kota Karang

3.  Kabupaten Kerinci:

  • Kecamatan Gunung Raya : Desa Salampaung dan Desa Sungai Hangat
  • Kecamatan Bukit Kerman : Desa Talang Kemuning, Desa Bintang Marak dan Desa Tanjung Syam

 

Program pengembangan technopreneur yang inovatif dan kreatif  bertujuan untuk penurunan kemiskinan dan emisi karbon melalui perbaikan dan peningkatan kemampuan penggunaan lahan pertanian secara lebih produktif, inklusif  dan berkelanjutan. Hasil yang diharapkan dari program ini adalah : (i)  Petani memperoleh peningkatan pendapatan dari penggunaan lahan pertanian secara terencana, produktif dan inklusif, dan (ii) Berkurangnya emisi gas rumah kaca dari kegiatan pertanian ekstratif.